Kewajiban memang senantiasa berimpit dengan hak. Karena itu, jangan sampai selalu bicara hak tapi melupakan kewajiban. Begitu pula sebaliknya--Sudijono.

Kamis, Oktober 13, 2011

Buku Strategi Pertahanan Negara

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, buku “Strategi Pertahanan Negara” yang merupakan salah satu dari produk-produk strategis di bidang pertahanan telah dapat diselesaikan. Penyusunan buku ini didorong oleh adanya perkembangan geopolitik internasional yang berlangsung cepat dan kompleks, sebagai fenomena global yang mempengaruhi berbagai perubahan dalam aspek kehidupan. Dari sisi pertahanan dan keamanan, perkembangan tersebut berimplikasi terhadap situasi keamanan yang perlu penanganan lebih komprehensif. Bagi Indonesia, hal tersebut mendorong untuk menata kembali konsep pertahanannya menjadi responsive dan adaptable sebagaimana yang dikehendaki dalam reformasi di bidang pertahanan. Sehingga strategi pertahanan negara tersebut harus mampu menjawab tiga hal yang mendasar, yakni apa yang dipertahankan, dengan apa mempertahankannya, serta bagaimana mempertahankannya.

Selain itu, penyusunan buku ini dibuat dengan maksud sebagai pedoman dasar untuk menanamkan pemahaman dan kesadaran bagi setiap warga Negara, serta pedoman kerja bagi aparat pertahanan dan TNI mengenai strategi penyelenggaraan pertahanan Negara. Tujuannya adalah agar terselenggaranya substansi sasaran strategis yang mencakup sasaran di bidang penangkalan, sasaran dalam menghadapi ancaman agresi militer, sasaran dalam mengatasi ancaman militer yang bentuknya bukan agresi militer, sasaran di bidang penangkalan, sasaran untuk mengatasi ancaman nirmiliter, serta sasaran dalam rangka mewujudkan perdamaian dunia.

Saya selaku pimpinan Departemen Pertahanan Republik Indonesia menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena, atas bimbingan dan petunjuk-Nya penyusunan buku ini dapat diterbitkan sesuai dengan rencana. Tidak lupa saya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyiapan buku sebagai salah satu dari produk-produk strategis. Saya yakin, peran serta tersebut merupakan Dharma Bhakti bagi Bangsa dan Negara Indonesia yang kita banggakan dan cintai bersama.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan rahmat dan hidayah Nya kepada seluruh bangsa Indonesia.

Jakarta, 28 Desember 2007
Menteri Pertahanan
Juwono Sudarsono

3 komentar:

cara download'Y gmn???

di klik aja link "Download"...

linknya rusak

Posting Komentar